Selasa, 11 Juni 2013

Menang Lomba Foto Indonesia 2012″ oleh Tempo.Co




Artikel Berita : “Zulkifli Menang Lomba Foto Indonesia 2012″ oleh Tempo.Co

Jual Baju Anak

March 13, 2013 / by / 0 Comment
REVIEW OVERVIEW

0
0
TEMPO.COJakarta - Zulkifli asal Sumatera Barat menjadi pemenang dalam Lomba dan Pameran Foto Indonesia 2012 dengan tema Cinta Indonesia dari Mata ke Hati 2012, yang diadakan Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif di Galeri Alun-alun, Grand Indonesia dan Central Park Mall. 
Lewat karyanya Pacu Jawi Gigik Ikua, Zulkifli mengalahkan 12 ribu lebih foto yang masuk. Selain itu, Bintari Mahardika dalam foto berjudul,Our Respect to the Hero menjadi pemenang dari katagori pelajar dan I Made Adi Dharmawan dengan foto berjudul Nasionalis Dini menjadi juara katagori mahasiswa.
Lulusan Universitas Bung Hatta, yang menjadi kontributor berita dan foto untuk media di Sumatera Barat ini, mengabadikan lomba balap sapi dengan tema Pacu Jawi. Menurut ketua juri fotografer dan dosen, Goenadi Haryanto, karya Zulkifli lebih jeli menampilkan obyek, makanya dinamakan Gigik Igua yang artinya menggigit ekor. Joki dalam foto Zulkifli terlihat menggigit ekor untuk memacu sapinya berlari lebih kencang. Dan untuk obyek berbeda, Zulkifli juga harus mengambil obyek dari ketinggian lokasi acara.
Pacu Jawi merupakan acara di sejumlah kecamatan di kabupaten Tanah Datar, Sumatera Barat, yang memanfaatkan sawah seusai panen untuk balapan sapi. Pada 11 Februari 2012, hampir 300 orang fotografer berada di arena Pacu Jawi. Selain fotografer Sumatera Barat dan Indonesia, juga hadir beberapa rombongan fotografer dari Singapura, Malaysia, India, Korea, dan Jerman.
Sebelum meraih lomba ini, karya Zulkifli meraih juara pertama kategori umum turnamen fotografi terbesar nasional Piala Presiden RI 2012 pada bulan Agustus 2012. Pada Maret 2012, ia meraih penghargaan pertama 1st Place International Category General Pivot, HAMDAN International Photography Award 2011-2012 berhadiah uang tunai Rp 130 juta (14 ribu dollar Amerika).
Setelah 180 foto hasil lomba dipamerkan di Galeri Alun-alun, Grand Indonesia, dan Promenade LG Terra, Central Park, Jakarta hingga hari ini, pameran akan dilanjutkan  di   ajang Pekan Produk Kreatif Indonesia (PPKI) yang berlangsung di Epicentrum pada 21-25 November 2012.
Menteri Pariwisata dan Ekonomi Kreatif Mari Pangestu mendukung pameran ini karena memberikan kesempatan kepada masyarakat melihat destinasi pariwisata, menyebarluaskan cerita mengenai Indonesia melalui karya foto, dan juga wujud pengakuan kepada fotografer memenangkan lomba.
“Pemerintah perlu memberikan ruang lebih banyak bagi fotografer Indonesia. Ruang publik berfungsi bukan hanya sebagai ruang pamer, juga wadah interaksi fotografer dan komunitas kreatif lain agar menghasilkan karya foto yang lebih baik dan memiliki nilai tambah,” kata Mari.
Tahun 2010, kontribusi nilai tambah usaha fotografi, bagian dari subsektor film, video, dan fotografi terhadap produk domestic bruto (PDB) mencapai Rp 1,74 triliun, atau 0,37% dari keseluruhan PDB nominal industri kreatif.
Tenaga kerja yang diserap usaha fotografi ini sekitar 7.158 orang, tumbuh dengan rata-rata 5,8% setiap tahunnya sepanjang 2002-2010. Sementara jumlah usaha fotografi berjumlah sekitar 611 usaha di tahun yang sama.
Menurut Mari, Kemenparekraf akan berupaya meningkatkan kontribusi fotografi sebagai subsektor ekonomi kreatif, baik dari segi PDB, tenaga kerja, maupun nilai ekspor.
“Estimasi nilai ekspor fotografi menunjukkan nilai ekspor belum besar. Namun, hal ini tetap menunjukkan prospek menjanjikan. Ekspor fotografi tumbuh dengan rata-rata 32 persen setiap tahun sepanjang 2002-2010.” katanya. Lomba dan pameran foto ini sudah terlaksana ketiga kalinya. Tahun ini peserta meningkat sampai 500 persen dari tahun sebelumnya 2575 foto.
Tulisan oleh : Evieta Fadjar


Sumber : http://www.tempo.co/read/news/2012/10/28/162438200/Zulkifli-Menang-Lomba-Foto-Indonesia-2012

ABOUT THE AUTHOR
Fotografi Indonesia
Fotografi Indonesia FotografiIndonesia.net adalah sebuah situs yang dipersiapkan untuk membantu salah satu misi Sub Direktorat Fotografi, Direktorat Pengembangan Seni Rupa, Direktorat Jenderal Ekonomi Kreatif Berbasis Seni dan Budaya, Kementerian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif, yaitu meningkatkan pengembangan kualitas fotografi sebagai sarana promosi. email: info@fotografiindonesia.net Twitter: @fotografi_ind
Leave a Comment


­

Tidak ada komentar:

Posting Komentar